Jumat, 26 Juli 2013

 HAL-HAL YANG BOLEH DILAKUKAN DAN TIDAK  BOLEH DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADHAN

Selama Ramadan, umat Islam memang diwajibkan untuk berpuasa. Namun ada juga hal-hal yang sebaiknya dilakukan maupun ditinggalkan agar ibadah semakin maksimal.
Hal-hal yang boleh dilakukan
  • Melibatkan diri dalam aktivitas yang baik dan bermanfaat. Misalnya bersedekah dengan cara memberi makan atau hidangan buka puasa bagi kaum yang kurang mampu.
  • Memakai pakaian yang sopan juga dianjurkan selama bulan Ramadan. Siapa tahu Anda bisa melanjutkan kebiasaan menutup aurat ini meskipun puasa sudah berakhir.
  • Sering mengingat Allah SWT baik dilakukan dengan cara banyak berzikir selama Ramadan. Dengan berzikir, hati akan semakin tenang karena Anda mencoba untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.
  • Rayakan bulan Ramadan dengan suka cita. Bukan berarti Anda harus selalu membeli baju baru menjelang Lebaran. Namun jangan lelah untuk beramal dan meningkatkan ibadah selama puasa.
Hal-hal yang tidak boleh dilakukan
  • Merokok di depan umum adalah aktivitas yang sebaiknya dihindari. Selain bisa membatalkan puasa, merokok juga bisa menganggu ibadah orang-orang di sekitar Anda.
  • Jangan mengumpat setiap kali merasa marah. Memang puasa tidak akan batal, tetapi pahala jelas berkurang. Menahan lapar dan haus mungkin lebih mudah daripada amarah. Jadi sebaiknya Anda menemukan cara yang tepat untuk mengendalikan emosi.
  • Hal lain yang dianjurkan untuk tidak dilakukan adalah berpuasa untuk diet. Puasa merupakan ibadah umat Islam yang mengharapkan pahala dari Allah SWT. Mengubah tujuannya jelas tidak akan memberikan manfaat berarti bagi diri Anda.
  • Kebiasaan makan berlebihan juga harus Anda tinggalkan selama Ramadan. Sebaliknya, makan hidangan bergizi secukupnya agar tubuh tetap sehat dan bugar.
Demikian beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Ramadan.

Sumber : http://towarani1407.blogspot.com/2012/08/ramadan-hal-hal-yang-boleh-dan-tidak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar