Sabtu, 07 Desember 2013



TOKOH INSPIRATIF MUSLIMAH INDONESIA


Dr. Elly Warti Maliki, MA lahir di Padang 30 Oktober 1959 adalah seorang aktivis, profesional dan ahli ilmu Fikih Islam berkebangsaan Indonesia. Ia berkarir profesional sebagai Staf Konsulat Agung Negara Brunei Darussalam di Jeddah, Arab Saudi. Ia merupakan pendiri sekaligus pimpinan Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Bahasa Arab “Darul ‘Ulum”, Jeddah, Arab Saudi.

Elly juga duduk sebagai anggota Dewan Pakar di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk wilayah Timur Tengah. Ia bersama beberapa orang temannya merupakan pendiri sekaligus menjabat ketua Wihdah, suatu organisasi mahasiswi Indonesia di Kairo, Mesir. Organisasi yang didirikan pada tahun 1988 itu telah beranggotakan lebih dari 300 orang.

Ely Warti Maliki juga seorang ibu rumah tangga yang meraih gelar doktor bidang ilmu fikih dari Universitas Al-Azhar Mesir dengan nilai summa cumlaude (mumtaz). Meraih gelar doktor di Al Azhar bukanlah hal yang mudah. Universitas Islam tertua ini dikenal salah satu lembaga pendidikan Islam yang paling susah memberikan gelar doktor. Namun, istri Adywarman Arby ini berhasil meraihnya dengan gemilang.

Keberhasilan Elly tentu tak diraih dalam sekejap. Butuh perjuangan panjang dan melelahkan. ”Untuk mencapai itu semua, saya harus pandai membagi waktu dan mengatur pekerjaan,” terang wanita enerjik ini. Begitupun untuk meraih kesempatan menjadi doktor, ia harus menunggu anak-anaknya beranjak dewasa dulu.”Saya tidak ingin masa depan anak-anak terkorbankan karena studi saya,” jelasnya. Menurut Elly, tidak seharusnya seorang ibu mengorbankan keluarganya demi mengejar karier atau pendidikan. ”Prinsip kami, tidak boleh ada yang dikorbankan. Namun harus ada yang diutamakan,” lanjutnya. Dengan prinsip ini ia merasakan segala sesuatu yang direncanakan bersama seluruh keluarganya bisa berjalan dengan baik. Kini, setelah gelar doktor diraihnya, ia berencana menularkan segala ilmu yang dimilikinya untuk kaum muda Indonesia. Ia ingin mengajar di Fakultas Dirasah Islamiyah Universitas Islam Negeri, Jakarta.

-Departemen An Nisa Nuansa-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar